Kualitas Pelayanan Ojek Online
Pendahuluan
Dalam
kehidupan zaman sekarang ,perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah
semakin cepat, banyak sekarang yang sudah berbasi ONLINE, maka kesadaran
masyarakat terhadap unsur – unsur pelayanan yang dapat diberikan oleh
perusahaan-perusahaan semakin meningkat. Pada saat ini kesadaran konsumen akan
pentingnya nilai kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan, baik dalam
bentuk jasa maupun dalam bentuk barang semakin meningkat. Dari beberapa
pengalaman menunjukan bahwa atas pemberian suatu kualitas jasa/pelayanan
tertentu akan menimbulkan penilaian yang berbeda dari setiap konsumen, karena
tergantung dari bagaimana konsumen mengharapkan kualitas jasa/pelayanan tersebut.
Salah
satu sektor jasa yang memiliki peranan yang cukup vital saat ini dalam
menunjang kegiatan sehari-hari adalah sektor jasa transportasi . Transportasi
adalah sarana perkembangan yang penting. Pentingnya transportasi tersebut
tercermin pada semakin meningkatnya kebutuhan akan jasa angkutan bagi orang
serta barang sebagai meningkatnya perkembangan penduduk dan pengembangan
pemukiman di kota-kota besar.
Pada saat ini industri jasa
transportasi seperti ojek semakin banyak di Indonesia. Kita ambil salah satu
contoh misal Perusahaan (PT. Ojek Online) merupakan salah satu badan usaha yang
mengkonsentrasikan salah satu bidang usahanya yaitu di sektor industri jasa
transportasi yaitu layanan ojek online.
Transportasi
Online mempunyai arti sendiri yaitu suatu transportasi berbasis aplikasi yang
digunakan di sebuah smartphone, dan driver dari (Ojek Online) tersebutlah yang
mengoperasikan aplikasi tersebut di smartphonenya. Di dalam aplikasi tersebut
kita tau secara detail tentang pemesanan seperti jalan,jarak tempuh,nama foto
driver, serta nama perusahaan . Jadi keamanan penumpang sudah terjamin karena
identitas driver dan perusahaan jelas secara pasti.
Tujuan Studi Kasus
1. Untuk mengetahui penggunaan jasa
transportasi online apakah driver tersebut melanggar aturan atau tidak yang
sudah ditetapkan oleh perusahaan (PT. Ojek Online) .
2. Untuk mengetahui kualitas pelayanan
dari perusahaan tersebut.
ISI
Masyarakat
yang telah memasuki zaman nya era globalisasi yang sangat cepat tentu membuat
pertumbuhan tekhnologi semakin pesat. Oleh karena itu inovasi semakin banyak
bermunculan termasuk inovasi Ojek yang berbasis Online. Jasa Transportasi
tersebut mampu membuat rasa aman dan terjamin, akan tetapi kita belum tau apa
jasa tersebut mampu memberikan kualitas pelayanan yang baik .
1. Hasil Kejadian
Dalam berbagai perusahaan Ojek Online
yang ada di Indonesia , banyak peraturan-peraturan berbeda yang sudah
ditentukan oleh masing-masing pihak Ojek Online. Pada kasus ini terjadi karena
berbagai kesalahan driver sendiri yang tidak mematuhi atau melanggar peraturan
perusahaan ataupun permasalahan-permasalahan lain nya yang mengganggu kualitas
pelayanan. Permasalahan disini juga cukup banyak yaitu :
A ) Kualitas Pelayanan (Waktu)
Contoh
waktu disini adalah kadang ada driver yang tidak tau jalan karena mereka biasa
beralasan bukan dari daerah sini ,walau kadang mereka sudah pakai aplikasi MAP
akan tetapi MAP tersebut sering tidak akurat . Disamping hal tersebut sering
terjadi, kita sangat dirugikan oleh waktu. Waktu terbuang percuma padahal kita
membutuhkan jasa transportasi yang cepat (tidak termasuk terkena macet) .
Solusi
atau Saran : Setidaknya driver tersebut diseleksi lebih baik lagi tentang
pengetahuan seluk beluk daerah yang mereka jalani. Dan dari pihak Perusahaan
alangkah baiknya diberi satu-persatu MAP khusus buat driver agar akurat tidak
memakan waktu bagi konsumennya.
B ) Kualitas Pelayanan (Tidak memenuhi
peraturan)
Contoh
Tidak memenuhi peraturan disini adalah sering kita jumpai ketika kita pesan
suatu Ojek Online, kadang yang datang bukan dari jenis motor/mobil yang tertera
di aplikasi tersebut. Jelas ini telah melanggar aturan karena tidak sesuai
,misal saat kita pesan jasa transportasi Ojek Online yang tertera jenis mobil
A, eh tau-tau nya mobil jenis B dating . Para konsumen kan ada rasa keraguan
mau naik apa tidak ,kualitas pelayanan tersebutlah yang membuat ketidak
nyamanan bagi konsumen atau masyarakat.
Solusi
atau Saran : Agar tidak terkenanya Suspensisasi secara manual atau auto .Para
perusahaan harus lebih bisa menindak tegas apabila ini terjadi ,karena takutnya
akan menjadi hal-hal yang negative bagi konsumen. Atau bahkan secara khusus
motor atau mobil yang menjadi Ojek Online tersebut di begi gps agar pihak
perusahaan biasa memantau secara jelas dan langsung.
C ) Kualitas Pelayanan (Sering
mengabaikan pelanggan)
Contoh
Sering mengabaikan pelanggan disini adalah hal ini terjadi biasanya saat ada
promo atau saat perjalanan melewatin kemacetan, seperti promo yang sering
diadakan oleh perusahaan Ojek Online hamper setiap hari nya. Saat konsumen
memesan Ojek Online tersebut, sering sekali driver Ojek Online tidak mau
mengambil jemput-antar karena mereka beralasan mereka butuh uang cash banyak
bukan dari promo . Dan hal nya saat jam-jam macet pun mereka para driver
menolak untuk mengambil beralasan macet. Disini membuat pelayanan kurang baik .
Solusi
atau Saran : Seharusnya para driver dan perusahaan bekerja sama lebih sepakat
agar hal ini tidak terjadi lagi , dari pengalaman pernah memesan grab sampai
10x lebih karena saat itu lagi promo dan yang terjadi sering diabaikan bahkan
di cancel .
Penutup
Kesimpulan dan Saran dari semua aspek
Layanan transportasi berbasis aplikasi online merupakan inovasi yang luar biasa. Keberadaan layanan ini memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat yang menginginkan transportasi ekonomis. Tren yang berubah menyebabkan banyak supir taksi dan tukang ojek meninggalkan tempat kerjanya dan kemudian berlaih menjadi pengemudi Ojek Online .
Faktor yang tertinggi dalam hal yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan terhadapap masyarakat ini adalah dapat dibuktikan bahwa masyarakat lebih memilih jasa transportasi yang memiliki rasa aman yang tinggi, serta tentunya kemudahan dalam menggunakannya. Ojek Online harus dapat mempertahankan citranya sebagai jasa angkutan online yang menjungjung tinggi nilai rasa aman kepada setiap drivernya maupun konsumen .
Namun dalam hal penggunaan atribut, masyarakat merasa bahwa para driver Ojek Online belum sepenuhnya mentaati aturan yang berlaku, semisal saja menggunakan atribut yang menunjukkan bahwa dirinya adalah driver resmi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika (PT. Ojek Online) lebih ketat lagi dalam menjalankan aturan bagi para drivernya, agar mereka pun tentunya dapat meningkatkan kepuasan para konsumennya.
Lebih diiharapkan Ojek Online dapat mampu mempertahankan rasa aman dari pada drivernya agar dapat mempertahankan kepuasan konsumen. Hal hal sederhana yang dapat dilakukan para driver untuk menunjukkan rasa aman adalah dengan cara memberikan bantuan, contohnya ketika penumpang membawa banyak bawaan, sudah sepatutnya driver membantu penumpang untuk mengangkat barang tersebut atau setidaknya menawarkan bantuan. Hal hal sederhana seperti ini tentu akan di apresiasi oleh para penumpangnya dan memberikan apresiasi melalui skor bintang yang ditentukan oleh perusahaan.
Ojek Online harus memperketat aturan dalam penggunaan atribut. Agar jika terjadi hal hal yang diinginkan, maka akan terlihat jelas mana driver Ojek Online resmi dan mana yang bukan.
#NOTE
Dengan Studi Kasus ini merupakan pengalaman pribadi dan yang sering orang lain terjadi dengan menggunakan aplikasi berbasis Ojek Online,akan tetapi tidak semua driver seperti begitu . Jadi kalau ada kata-kata yang saya sampaikan dalam studi kasus ini salah mohon di koreksi dan dimaafkan . Terimakasih
Tidak ada komentar:
Posting Komentar